PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE): FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ABA 2 BLIMBINGREJO NALUMSARI JEPARA

Try Noor Izzatul(1*), Sri Hartini(2),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak usia dini merupakan fase awal perkembangan anak yang akan menentukan perkembangan pada fase selanjutnya.perkembangan dipengaruhi oleh faktor kematangan dan proses belajar. Apabila anak sudah menunjukkan masa peka (kematangan) untuk berhitung maka orang tua dan guru di taman kanak-kanak harus tanggap, untuk segera memberikan layanan dan bimbingan dengan suatu permainan. Permainan yang sifatnya mendidik biasanya disebut dengan APE (Alat Permainan Edukatif) adalah alat permainan yang fungsinya dapat mengoptimalkan perkembangan anak, hal ini tentunya disesuaikan dengan tingkat usia dan perkembangannya, salah satunya untuk mengembangkan pengertian tentang berhitung pada usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) : flashcard terhadap kemampuan berhitung pada anak prasekolah Di TK ABA 2 Blimbingrejo Nalumsari Jepara. Metode : jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi 32 anak, dan sampel yang digunakan 32 responden. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana.Hasil : adanya pengaruh setelah penggunaan alat permainan edukatif (APE) : flashcard terhadap kemampuan berhitung dengan menggunakan uji statistik didapatkan nilai p = 0,024 dengan p value < 0,05 maka dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan alat permainan edukatif (APE): flashcard Simpulan : penggunaan alat permainan edukatif (APE) : flashcard terhadap kemampuan berhitung ada pengaruh yang signifikan dengan p value 0,024.

 

Kata Kunci : anak prasekolah, kemampun berhitung, alat permainan edukatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.