STUDI KUALITATIF KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

Avis Sayyida Faza(1*),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan pasien merupakan salah satu alat ukur keberhasilan rumah sakit. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, beberapa faktor yaitu faktor kualitas produk atau jasa, kualitas pelayanan, faktor emosional dan faktor biaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepuasan pasien rawat jalan di poliklinik anak RSI Sunan Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Jenis penelitian ini adalah kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 6 informan. Hasil penelitian ini adalah Standar pelayanan di rumah sakit RSI Sunan Kudus masih kurang. Fasilitas dan sarana masih kurang seperti tempat yang kurang nyaman dan ruang tunggu yang kurang. Pasien  mengeluh dari pendaftaran yang lama, dokter datang terlambat, dan antri pembayaran lama. Pasien tunai dan nontunai tidak ada masalah dari biaya maupun proses pelayanan, pasien tunai dan non tunai tidak merasa dibedakan. Simpulan penelitian ini adalah RSI Sunan Kudus masih memberikan pelayanan yang kurang seperti kualitas waktu tunggu dan kualitas sarana di rumah sakit, tetapi secara keseluruhan pasien puas dengan pelayanan. Pelayanan di RSI Sunan Kudus keseluruhan sudah baik.
Kata kunci : Kepuasan pasien, kualitas pelayanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.