HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS WONOSALAM I KABUPATEN DEMAK

Arifin Hidayat(1), Muhammad Husni Mubaroq(2*), David Laksamana Caesar(3),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(3) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara berkembang yang mana harus disertai pelayanan kesehatan yang bermutu. Puskesmas merupakan organisasi yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dan dapat dijangkau oleh masyarakat. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang di butuhkan dan diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Wonosalam I Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif positivisme, dengan rancangan penelitian “Cross Sectional”. Jumlah sampel dalam pada penelitian ini 100 responden dengan teknik random sampling, alat ukur menggunakan kuesioner mutu dan kepuasan. Analisa bivariat menggunakan uji Rank Spearment. Berdasarkan hasil penelitian responden yang menyatakan sangat puas 48 (48,0%), puas 50 (50,0%), dan kurang puas terdapat 2 (2,0%) responden. Responden yang menyatakan baik terhadap pelayanan petugas berjumlah 82 (82,0%), cukup baik 17 (17,0%) dan kurang baik terdapat 1 (1,0) responden. Hasil analisis korelasi Rank Spearment menunjukan nilai p value (0,0001) < ? (0,05) dan nilai correlation coeffescient 0,724 yang dikategorikan korelasi kuat. Terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien dengan nilai kepuasan tingkat keeratan hubungan kuat.

 

Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.