HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN ORAL HYGIENE ANAK TUNA GRAHITADI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KALIWUNGU KUDUS

Dewi Saidatul Munadhifah, Sri Hartini

Abstract


Anak adalah suatu individu yang sedang menjalani proses perkembangan sangat cepat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak yang mempunyai kebutuhan khusus adalah anak yang mempunyai karakteristik khusus yang sangat berbeda dengan anak pada umumnya tanpa menunjukkan ketidak mampuan mental, emosi atau fisik. Dukungan keluarga dan penerimaan dari orangtua sangat diperlukan karena akan memberikan energi dan kepercayaan dalam diri anak berkebutuhan khusus untuk lebih berusaha mempelajari dan mencoba hal-hal baru yang terkait dengan keterampilan hidupnya. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang dan sampel sebanyak 59 orang dengan menggunakan teknik sampling total sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat.Berdasarkan hasil uji analisa statistik dengan chi square didapatkan nilai p value sebesar 0.001< p value α 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Oral Hygiene Anak Tuna Grahita di SLB N Kaliwungu Kabupaten Kudus. Ada terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kemandirian oral hygiene pada anak tunagrahita. Setiap anak tunagrahita memerlukan dukungan keluarga yang baik agar mereka mampu melakukan oral hygiene secara mandiri.

 

Kata Kunci:Dukungan Keluarga, Kemandirian, oral Hygiene, Anak Tunagrahita.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.