PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS GROBOGAN

Roi kholik Andika Yuswantoro(1*),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Melalui pengukuran tersebut, dapat diketahui kualitas pelayanan kesehatan yang telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan di Puskesmas Grobogan. Jenis penelitian adalah analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien BPJS Kesehatan rawat jalan Puskesmas yang rata-rata kunjungan perhari sebanyak 130 pasien. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel. Teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis menggunakan Uji Regresi Logistic dalam program SPSS 16.0. Sebagian besar responden menyatakan pelayanan rawat jalan Puskesmas Grobogan baik sebanyak 79 orang (79,0%), dan yang menyatakan kurang sebanyak 3 orang (3,0%). Sebagian besar responden menyatakan kepuasan baik sebanyak 91 orang (91,0%) dan yang menyatakan kepuasan kurang sebanyak 9 orang (9,0%). Ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan di Puskesmas grobogan ( p = 0,000). Diharapkan Puskesmas Grobogan meningkatkan Pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Kata kunci :  Pelayanan, Kepuasan pasien BPJS Kesehatan, rawat jalan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.