HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR DI SD N WOTAN 04 KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI

Ipit Koriah(1*),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Gizi merupakan faktor penting untuk mewujudkan kecerdasan manusia Indonesia. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan. Hasil studi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Wotan 04 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati pada tanggal 9 Maret 2017 dari 40 didapatkan hasil bahwa siswa yang mendapat nilai baik (>75) sebanyak 32 siswa (80%) dan siswa yang mendapat nilai kurang (<75) sebanyak 8 siswa (20%).  Jenis penelitian Deskriptif Analitik dengan rancangan berupa pendekatan Cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Wotan 04 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati berjumlah 67siswa. Siswa sekolah dasar di SD N Wotan 04 Kecamatan Sukolilo Pati sebagian besar mempunyai status gizi baik sebanyak 19 responden (47,5%)  dan prestasi belajar baik sebanyak 21 responden (52,5%). Ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan tingkat prestasi siswa sekolah dasar di SDN Wotan 04 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, dengan p value 0,000 < 0,05. Ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan tingkat prestasi siswa sekolah dasar di SDN Wotan 04 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Kata kunci      :  Status Gizi, Prestasi Belajar dan Anak Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.