HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN STRATEGI KOPING YANG DIGUNAKAN PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN NURUL ALIMAH KUDUS

Ayu Safitri Juniati(1*),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja sering mengalami permasalahan, remaja mempunyai banyak aktivitas dan kesibukan yang membuat mereka rentan terhadap stres. Stres yang terjadi pada remaja di lingkungan pesantren dapat disebabkan karena ketatnya peraturan, padatnya jadwal kegiatan dan pembelajaran di pondok pesantren. Stres dapat berpengaruh terhadap strategi koping yang digunakan. Strategi koping yang digunakan individu berbeda-beda tergantung kemampuan individu untuk mengelola dan mengatasi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan tingkat stres dengan strategi koping yang digunakan pada santri remaja di Pondok Pesantren Nurul Alimah Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi asosiatif menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis bivariat menggunakan chi square. Responden tidak mengalami stres sebanyak 4 responden (5,6%), mengalami stres ringan sebanyak 29 responden (40,3%), mengalami stres sedang sebanyak 38 responden (52,8%), dan yang mengalami stres berat sebanyak 1 responden (1,4%). Sebanyak 56 responden (77,8%) menggunakan strategi koping yang berfokus pada masalah dan sebanyak 16 responden (22,2%) menggunakan strategi koping yang berfokus pada emosi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan strategi koping yang digunakan pada santri remaja dengan nilai p value 0,000. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan strategi koping yang digunakan pada santri remaja di Pondok Pesantren Nurul Alimah Kudus. Santri  diharapkan  mampu membangun  strategi  koping yang positif

Kata Kunci: Remaja, Tingkat Stres, Strategi Koping.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.