HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD dr. LOEKMONOHADI KUDUS

Ahmad Rifa’i(1*),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Keperawatan mempunyai peran paling utama dalam bidang kesehatan.Karena prinsip keperawatan adalah menyeluruh berhubungan dengan holistik manusia,mulai awal seseorang didiagnosa sakit sampai mendapatkan perawatan dirumah sakit,dan dinyatakan pulang oleh pihakrumah sakit. Jadiperan pelayanan keperawatan sangat penting dan utama dalam bidang kesehatan, dalam pelayanan keperawatan manusia sebagai penerima jasa asuhan keperawatan adalah individu, keluarga, komunitas atau sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien diruang rawat inap kelas III RSUD dr. Loekmonohadi kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan diskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 59 responden yaitu pasien yang dirawat diruang rawat inap kelas III RSUD dr.Loekmonohadi kudus. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 42 pernyataan. Penelitian ini menggunakan uji spearmen rank. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosentase terbesar perilaku caring perawat diruang rawat inap khususnya kelas III RSUD dr. Loekmonohadi kudus dalam kategori baik (57,6%), kategori cukup (39,0%), dan kategori kurang (3,4%).Kepuasan pasien yang dirawat diruang rawat inap kelas III RSUD dr. Loekmonohadi kudus adalah (66,1%) menyatakan puas (32,2%) merasakan cukup puas dan (1,7%) menyatakan tidak puas terhadap perilaku caring perawat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah  ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat degan kepuasan pasien diruang rawat inap kelas III RSUD dr. Loekmonohadi Kudus, dimana pada p = 0,000 ( p < 0,05).

Kata Kunci  : Perilaku Caring, Kepuasan Pasien


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.