PENGARUH TERAPI BERMAIN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN GIZI

Yulia Ayu Ariyani(1*), Anita Dyah Listyarini(2),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dan penting. Tumbuh dan berkembangnya anak usia sekolah tergantung oleh nutrisi yang baik dan berkualitas. Beberapa gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak antara lain adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral yang seimbang. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan non equivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik total sampling. Pengetahuan gizi diukur dengan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi yang terdiri dari 20 soal, dengan koefisien reabilitas 0,4438. Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata skor pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dengan terapi bermain menggunakan flashcard dibandingkan dengan rata-rata skor pengetahuan kelompok kontrol. Untuk hasil pretest, skor rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 7,76 sedangkan skor rata-rata pada kelompok kontrol adalah 8,18. Untuk hasil posttest, skor rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 16,12 sedangkan skor rata-rata pada kelompok kontrol adalah 14,29. Terapi bermain dengan media flashcard berpengaruh terhadap pengetahuan gizi pada anak usia sekolah

Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Terapi Bermain, Flashcard, Siswa Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.